Rangkaian Alarm Kebakaran

| Saturday, April 13, 2013


Rangkaian alarm kebakaran adalah suatu rangkaian yang di khususkan untuk mengidentifikasi terjadinya suatu kebakaran. Rangkaian alarm kebakaran ini amat bermanfaat untuk pemukiman warga yang padat, hingga bila terjadi suatu kebakaran dapat kita ketahui lebih awal. Alarm kebakaran bisa mencegah kebakaran yang bisa menghanguskan harta benda, dokumen penting maupun nyawa seseorang dengan mengetahuinya terlebih dulu.
Alarm dapat dikatakan sebagai bunyi peringatan atau pesan pemberitahuan ketika sudah terjadi satu penurunan atau penyampaian sinyal komunikasi data maupun ada sesuatu alat yang masih mengalami kerusakan. Pesan yang di sampaikan bermanfaat untuk memperingatkan operator tentang adanya problem pada jaringan spesifik.
Sekarang ini, peristiwa kebakaran di indonesia terbilang tinggi. Hal ini membuat sebagian dari masyarakat khawatir akan hal kecil yang bisa menimbulkan terjadinya kebakaran. Suatu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran, yaitu korek api, bahaya korsleting listrik, pada waktu memasak, gas elpiji dan bahan-bahan lain yang amat mudah terbakar.
Sistem didalam pengindera api adalah suatu sistem yang telah terintegrasi yang di desain spesial untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran. Alarm yang kita pasang nantinya akan memberikan peringatan didalam sistem evakuasi dan di lanjutkan dengan sistem instalasi pemadam kebakaran dengan cara otomatis ataupun manual.
Gambar di bawah ini menunjukan ssalah satu contoh rangkaian alarm kebakaran.
Rangkaian Alarm Kebakaran
Rangkaian diatas telah termasuk rangkaian elektronika yang simpel dan menggunakan komponen sensor ldr sebagai pendeteksi adanya kebakaran. Sebetulnya ldr ini tidak dapat mendeteksi adanya perubahan suhu maupun panas api, namun ldr dapat mendeteksi perubahan intensitas cahaya, sehingga dimungkinkan saja bila kita menggunakan ldr ini buat mendeteksi adanya suatu kebakaran.
Bila anda kurang meyakini akan kinerja dari ldr, maka cobalah kerjakan percobaan menggunakan korek api. di mana ldr dapat mendeteksi adanya percikan api yang cukup kecil dari korek api yang amat dahsyat. Tinggal sekarang bagaimana cara kita mengatur kepekaan dari rangkaian sensor kebakaran ini agar menjadi sensitif.
Prinsip kerja rangkaian alarm kebakaran ini nyaris sama persis dengan rangkaian sensor cahaya aktif terang, di mana pada waktu ada cahaya yang makin terang maka rangkaian akan mengaktifkan alarm. Bila anda malas menggunakan 3 buah ic yang ada pada gambar, anda dapat juga menggunakan rangkaian yang lebih simpel layaknya rangkaian sensor cahaya.

0 comments:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲